Breaking

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Selasa, 30 Agustus 2016

DESA GEMURUNG SIDOARJO, PERTAHANKAN TRADISI LEWAT LOMBA PATROL


Kemeriahan lomba patroli di Desa Gemurung Sidoarjo

SIDOARJO,(suarajatimpost.com) - Era modernisasi tidak sedikit musik daerah yang mulai dilupakan oleh kaum muda, terkait tradisi, Karang Taruna (kartar) desa Gemurung kecamatan Gedangan, Sidoarjo melestarikan lewat lomba musik tradisional Sidoarjo "Patrol" se Kabupaten Sidoarjo.

Desa Gemurung (28/8) menjadi ajang atraksi serta unjuk kebolehan bagi kelompok musik patrol se Kabupaten Sidoarjo, guna memamerkan ketrampilan dan memaikannya. Warga yang menyaksikan dibuat decak kagum oleh kelompok musik patrol yang tampil dengan penuh impresif dan atraktif, bahkan memberi aplaus kepada semua peserta yang rata-rata mahir dalam memainkannya.
"Lomba musik patrol se Kabupaten Sidoarjo ini yang pertama, dan mendapat aprisiasi dari warga maupun pemerintah desa, kegiatan ini akan dijadikan kalender tahunan untuk lomba yang akan datang diharapkan pesertanya lebih banyak dan variatif dalam memainkan musik patrolnya". Harap Nanang (21th) ketua panitia lomba.

Penilaian lomba di utamakan pada kekompakan, busana, dan lagu yang dibawakan, juri sempat mengalami kesulitan menentukan pemenangnya pasalnya semua peserta lomba menampilkan perforcma yang terbaik.

Juara 1 diraih oleh kelompok musik patrol Slendro dari desa Kepuh, Sedati, dan berhak mendapat uang pembinaan serta piala tetap Karang Taruna desa Gemurung, juara 2 kelompok musik patrol Kenongosari, desa Pepelegi Waru dan juara 3 diraih oleh kelompok musik patrol Sapujagad, dari desa Wage, Taman.

Selain melombakan musik tradisional patrol, pantia kartar juga melombakan pertandingan bolavoli antar Rt se desa Gemurung, dan juara 1 diraih oleh Rt 3/ Rw 3 dan juara 2 Rt1/3 dan berhak mendapatkan uang pembinaan serta piala tetap Kartar.

Pemerintah desa mengaprisiasi kegiatan tersebut," Kami bangga dan senang sekali dengan pemuda Kartar desa Kami, manakala masih mencintai dan melestarikan musik tradisional patrol, salahsatu upaya dengan melombakannya dan itu merupakan suatu perwujudan kecintaannya terhadap musik patrol, dan untuk tahun depan, diharapkan pesertanya lebih banyak dan lebih meriah lagi". Kata Bambang Suprianto (47th) Kepala desa Gemurung dengan bangga.(yns)
Reporter : Hariyanto
Editor :

link : http://arsip.suarajatimpost.com/read/1573/20160830/175343/desa-gemurung-sidoarjo-pertahankan-tradisi-lewat-lomba-patrol/