Breaking

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Rabu, 23 Mei 2018

Kunjungi Sambal Khas Bu Ayu Gedangan, Khofifah Support 6,8 Juta UMKM Jatim

 

SAMBAL AYU - Cagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi produsen Sambal Khas Bu Ayu yang ada di Perum Permata Alam Permai B3/12A, Desa Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Rabu (23/05/2018).


Sidoarjo (republikjatim.com) - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bakal mendukung (mensupport) sekitar 6,8 juta pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur, baik berskala mikro, kecil, menengah maupun besar. Alasan Cagub nomor urut 1 ini lantaran sektor UMKM menopang PDRB Jatim hingga 54 persen.

"Kami akan support UMKM di Jatim, baik yang mikro, kecil, maupun yang menengah. Karena mereka (UMKM) sumbangannya mencapai 54 persen pendapatan di Jatim," terang Khofifah Indar Parawasa kepada republikjatim.com, Rabu (23/05/2018) seusai berkunjung ke Sambal Khas Bu Ayu, Desa Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.


Saat berkunjung itu, selain melihat proses produksi sambal 26 rasa, Khofifah juga mendengarkan keluhan pelaku UMKM lainnya misalnya produsen keripik, tas, jamu-jamuan dan lainnya. Rata-rata kendalanya adalah soal pengemasan (packaging) dan pemasaran.

"Karena itu UMKM ini harus mendapatkan pembinaan dan difasilitasi. Misalnya pengadaan mesin pengering keripik, display pemasaran, pameran produk maupun kanalisasi pemasaran. Kalau dibina dan dimonitoring kami yakin yang mikro jadi kecil, kecil jadi menengah dan yang menengah bisa jadi besar," imbuhnya.

Selain itu, termasuk perizinan produksi, PIRT, label halal dan lainnya. Untuk itu, pihaknya menyiapkan seluruh fasilitas itu agar 6,8 juta UMKM di Jatim berkembang dengan berbagai varian produknya.

"Misalnya menggerakkan asosiasi UMKM tingkat kabupaten/kota maupun propinsi. Karena asosiasi ini sudah tertata dan ada pengurusnya," tegasnya.


Sementara ditanya soal survei terakhir yang hasilnya pasangan Khofifah - Emil unggul daripada pasangan Gus Ipul - Puti, pihaknya mengaku mengucapkan terima kasih ke seluruh partai pendukungnya. Selain itu, juga terima kasih ke seluruh relawannya.

"Karena mereka (relawan) terus bergerak baik terkonfirmasi maupun tidak. Artinya hasil itu membangun rekomendasi dan aspirasi masyarakat Jawa Timur untuk kemengan pasangan Khofifah - Emil demi kemaslakatan Jatim," pungkasnya. Waw.