Breaking

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Minggu, 12 April 2020

Indonesiasatu.co.id : Kapolresta Sidoarjo Mengunjungi Posko Relawan Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Desa Gemurung Gedangan


foto bukan dari media indonesiasatu.co.id tetapi dari redaksi media Desa Gemurung

kuswanto, 12 Apr 2020
indonesiasatu.co.id

SIDOARJO - Tindakan preventif untuk memantau setiap perkembangan penyebaran virus corona atau covid -19 hingga ke desa desa, di wilayah Kabupaten Sidoarjo telah banyak berdiri Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa.

Aktifitas kepedulian sosial ini tidak saja memantau perkembangan covid-19 di wilayahnya, petugas posko yang terdiri dari perangkat desa, para relawan dan melibatkan bhabinkamtibmas, bhabinsa, serta tenaga medis dari Puskesmas sangat berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Misalnya ada orang yang datang dari luar wilayah desa, harus diperiksa kondisi tubuh atau juga dilakukan proses sterilisasi. Kesiapan dan kesigapan pelayanan serta penanganan masyarakat, apabila ada yang terindikasi virus corona atau covid-19. Dengan tersedianya ruang isolasi juga APD
di tiap posko.

Setiap posko relawan pencegahan virus corona atau
covid-19 di tingkat desa diketuai oleh kepala desa, agar diharapkan dapat dengan cepat memberikan informasi atau melakukan koordinasi dengan Forkopimka
maupun Forkopimda Kabupaten Sidoarjo,
terkait setiap perkembangan kondisi
warganya yang berhubungan dengan
penyebaran virus corona atau covid -19.

Suhendro, SE Kepala Desa Gemurung menjadi koordinator di posko, diharapkan mampu mengontrol
apabila ada warga yang datang dari luar wilayahnya, atau ada pemudik yang datang ke tempatnya.

Karena sesuai protokol kesehatan bagi warga yang tetap mudik. Salah satunya harus melakukan konservasi atau isolasi diri secara mandiri. Di sinilah peran kepala desa agar turut membantu memantau proses konservasi atau isolasi mandiri yang dilakukan oleh warganya.

Terkait didirikannya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 yang bertempat di Balai Desa Kelurahan Gemurung, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyambut antusias, dengan melakukan pengecekan langsung ke wilayah Desa Gemurung, Sabtu (11/4/2020).

Sumardji Kapolresta Sidoarjo mengatakan, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, harus dilakukan dan melibatkan semua lini. Mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa. Melalui adanya posko ini diharapkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat memaksimalkan penerapan physical distancing, serta berbagai upaya tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya bagi masyarakat. Seperti dilakukannya penyemprotan disinfektan, mengawasi warga di dalam desa dan yang datang dari luar desa.

“Dengan mulai berdirinya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Desa Gemurung, Kepala Desa beserta perangkatnya, juga relawan dan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, diharapkan dapat segera bergerak dengan segala upaya mempercepat putusnya mata rantai Covid-19. Warga di desanya harus diawasi, warga luar yang datang ke desanya juga harus dicek dan di steril,” tuturnya.

Melalui pengecekan posko relawan pencegahan Covid-19 tingkat desa ini pula, Kapolresta Sidoarjo sangat berharap dapat dengan cepat mengetahui kekurangan guna penanganan Covid-19 di tiap desa. Sehingga dapat dengan cepat dilakukan koordinasi atau tindak lanjut dari tim gugus tugas Covid-19 tingkat Kabupaten. (Bgs/kla)


link :https://indonesiasatu.co.id/news/detail/kapolresta_sidoarjo_mengunjungi_posko_relawan_pencegahan_covid-19_di_kelurahan_desa_gemurung_gedanga